Jumat, 13 Februari 2015

Tugas Akidah Akhlak : Macam-Macam Mukjizat


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu....
Dalam kesempatan ini saya akan memosting tugas Akidah Akhlak yang pernah saya kerjakan juga, karena tugas ini kira kira saat kelas 7 atau 8 dan pada saat itu saya belum tahu menyimpan link dari blog yang saya ambil, Jadi atas kesalahan, kesamaan, dan kekurangan yang ada saya meminta maaf sebelumnya untuk itu.... Dan pesan dari saya sebagai seorang blogger, jika anda ingin menyalin tulisan dibawah kiranya untuk memasukkan link dari blog tempat yang anda ambil.... jadi lansung saja.  
Berikut macam-macam mukjizat.
1.     Mukjizat Hisiyah
Mukjizat hisiyah adalah mukjizat yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan. Mukjizat ini ditunjukan kepada orang biasa yang kurang bisa menggunakan akalnya dengan baik. Contoh mukjizat ini adalah mukjizat yang diberikan kepada Nabi Adam as. Ketika kedua putranya Qabil dan Habil melaksanakan ibadah kurban. Kurban Habil berupa hewan yang gemuk-gemuk diterima oleh Allah Swt., sedangkan kurban dari Habil tidak diterima oleh Allah Swt. Karena mengurbankan buah-buahan yang telah busuk.

2.     Mukjizat Maknawiyah
Mukjizat maknawiyah adalah mukjizat yang tidak dapat dilihat, dirasakan, didengar, dan dipegang oleh manusia. Mukjizat maknawiyah hanya dapat dimengerti oleh orang-orang yang sehat, memiliki budi pekerti yang luhur, dan berperasaan yang halus. Contoh mukjizat maknawiyah adalah kalam-kalam yang terdapat dalam Al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.. Tidak semua orang dapat menerima petunjuk yang ada didalam Al-Qur’an. Hanya orang-orang yang memiliki akal sehat, berbudi luhur, dan berperasaan yang halus yang dapat menerima denga senag hati.

3.     Mukjizat Kanuiyah
Mukjizat kanuiyah adalah mukjizat yang berupa peristiwa alam. Misalnya, terbelahnya laut akibat pukulan tongkat Nabi Musa as. Dan dibelahnya bulan menjadi dua oleh Nabi Muhammad saw..

4.     Mukjizat Syahsiyah
Mukjizat syahsiyah adalah mukjizat yang terpancar dari tubuh rasul sendiri. Misal: memancarnya cahaya dari tangan Nabi Musa as. Dan mengucurnya air dari celah-celah jemari Nabi Muhammad saw.

5.     Mukjizat Salbiyah
Mukjizat salbiyah adalah mukjizat yang membuat sesuatu tidak berdaya, seperti Nabi Ibrahim yang mampu menghilangkan daya bakar api sehingga ia tidak terbakar ketika dihukum oleh Raja Namrud karena menghancurkan berhala sesembahan.

6.     Mukjizat Aqliyah
Mukjizat aqliyah adalah mukjizat yang masuk akal, yaitu Al-Qur’an.

7.     Mukjizat Akhbarun Haibiyah (kabar gembira)
Mukjizat akhbarun haibiyah adalah mukjizat yang berupa pengetahuan tentang perkara-perkara yang belum pernah ia lihat, seperti kabar yang disampaikan Isa kepada kaumnya, ia dapat menceritakan apa yang dimakan dan apa yang disimpan di rumah kaumnya.

8.     Mukhalifun Lil Qawaninit-Thabi’iyyah
Mukjizat mukhalifun lil qawaninit-thabi’iyyah adalah mukjizat yang berupa sesuatu yang bertentangan dengan hukum alam, seperti yang dilakukan oleh orang-orang kafir untuk membakar Nabi Ibrahim namun justru beliau merasa sejuk ditengah-tengah api yang bergejolak.


Catatan :
Sesuai dengan keperluan adanya mukjizat. Allah SWT memberikan mukjizat kepada para Rasul-Nya sesuai dengan keperluannya yang dihadapi umatnya untuk membuktikan kebenaran kerasulannya kepada mereka.

 Tugas diatas semoga bermanfaat bagi anda, dan jika anda ingin menyalinnya mohon untuk menyertakan link atau alamat blog ini.
  

:) Sekian dan terima kasih :)Bottom of Form



Tidak ada komentar:

Posting Komentar